Purwokerto
08112522117
mail@oemahwebsite.com

Perubahan Sosial Masyarakat Pedesaan Di Era Teknologi

Jasa Pembuatan Website

Perubahan Sosial Masyarakat Pedesaan Di Era Teknologi

Gambar Perubahan Sosial Masyarakat Pedesaan Di Era Teknologi
Sebelum teknologi mengalami perkembangan, maka manusia hanya dikenalkan dengan teknologi tulisan tangan. Namun, teknologi sederhana ini ikut juga mengalami hambatan karena disebabkan oleh sebagian manusia yang tidak bisa membaca dan menulis.(Mujiburrahman, 2015;Aslan, 2019). Seiring dengan perjalanan tersebut, teknologi tulisan tangan mulai tergantikan dengan kehadiran mesin cetak. Tulisan semakin banyak dan menyebar kemana-mana, tetapi masih tetap saja penyebaran tersebut mengalami hambatan karena manusia tidak bisa membaca secara keseluruhan. Akhirnya, ditemukanlah media audio, yakni radio. Bagi orang yang tidak bisa membaca, maka dapat mendengarkan melalui radio.
Teknologi Radio mengalami perkembangan yang luar biasa di seluruh penjuru dunia, yang tidak terkecuali di Indonesia sehingga bagi yang tidak bisa membaca maka terobati dengan pesan suara. Bahkan, perkembangan teknologi terus berlanjut dalam kehidupan manusia yang dikenal sebagai audio visual, yakni televisi. Ketika televisi mengalami perkembangan, maka ikut mempengaruhi juga dari budaya dalam kehidupan manusia. Kemudian, terakhir perkembangan teknologi saat ini adalah internet. (Mujiburrahman,2017). Internet merupakan teknologi yang mutakhir ditemukan era informasi saat ini yang banyak menimbulkan sisi negatif sekaligus sisi positif. Hampir secara keseluruhan hidup manusia telah tergantikan oleh teknologi, termasuk budaya dalam kehidupan manusia.
Dengan demikian, perubahan yang terjadi di segala bidang dalam kehidupan manusia, sebagaimana yang telah dipaparkan point ini adalah ketika masyarakat pedesaan yang pada awalnya belum menemukan teknologi modern tetapi ketika perubahan telah terjadi, maka segala-galanya kehidupan masyarakat mengalami perubahan. Selain itu juga, dampak perubahan yang hampir di rasakan oleh masyarakat pada umumnya, dan masyarakat pedesaan pada khususnya adalah teknologi internet. Ketika teknologi internet masuk, maka sudah tidak ada batas-batas lagi antara daerah perkotaan maupun daerah pedesaan. Hampir segala keseluruhan, informasi yang didapatkan oleh masyarakat perkotaan sama yang didapatkan oleh masyarakat pedesaan.
Teknologi internet telah membawa perubahan yang begitu besar dalam kehidupan masyarakat pedesaan. Mungkin, pada dahulu masyarakat desa masih dikatakan sebagai masyarakat terbelakang dari segala-galanya karena sangat ketertinggalan sekali dari informasi dibandingkan masyarakat kota, tetapi saat ini telah segala-galanya berubah. Tidak ada sama sekali perbedaan antara masyarakat pedesaan dan perkotaan.
Perubahan pada masyarakat adalah niscaya yang bukan hanya terjadi pada daerah perkotaan tertapi terjadi juga pada daerah pedesaan.Namun, ketika masyarakat pedesaan mengalami perubahan dengan tidak adanya perbedaan antara masyarakat terdapat dampak yang begitu besar yakni terjadinya culture shock atau kejutan budaya.

Sumber Artikel Perubahan Sosial Masyarakat Pedesaan Di Era Teknologi : Google.com

Layanan Oemah Website => Klik Di Sini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.