Purwokerto
08112522117
mail@oemahwebsite.com

Installasi E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Daring Menggunakan MLS Moodle Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Installasi E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Daring Menggunakan MLS Moodle Aplikasi

Installasi E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Daring Menggunakan MLS Moodle Aplikasi

Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin membuka peluang bagi lembaga pendidikan untuk memanfaatkan sistem E- learning guna mendukung proses belajar mengajar. Dengan E- learning guru bisa menyampaikan materi pembelajaran melalui Internet sehingga siswa dapat mengakses materi tersebut kapan saja serta dari mana saja. Bagi lembaga pendidikan yang sudah mampu dalam hal infrastuktur, sumber daya manusia maupun sumber dana, untuk membangun sistem E- learning tidaklah menjadi permasalahan. Akan tetapi, bagaimana bila lembaga kita tidak mempunyai berbagai sumber daya tersebut. Dengan keterbatasan ini, kita akan berupaya membangun sistem E- learning dengan professional.

Kini banyak portal E-Learning yang dikembangakan dengan perangkat lunak Learning Managenet System (LMS) yang disebut Moodle, Moodle merupakan perangkat lunak open source yang mendukung implementasi E-Learning dengan paradigma terpadu dimana berbagai fitur penunjang pembelajaran dengan mudah dapat diakomodasi dalam suatu E-Learning. Fitur-fitur penting penunjang pembelajaran tersebut misalnya: tugas, quiz, komunikasi,kolaborasi, serta fitur utama yang dapat meng-upload berbagai format materi pembelajaran. Berdasarkan kondisi tersebut, perlu diupayakan membangun portal e-learning tanpa mengeluarkan biaya (kecuali biaya koneksi Internet) dan dengan bekal kemampuan TI yang minimal.

Langkah-langkah Installasi yang harus dilakukan adalah sebgagai berikut :
1. Akses http://www.co.cc/. Webhosting ini bukan webhosting khusus untuk Moodle, sehingga memerlukan proses yang panjang agar sampai terinstal Moodle.

Gambar 1. Webhosting untuk Moodle

2. Dalam pengisisan ikuti petunjung yang sudah tertera dilayar untuk melakukan pendaftaran. Setelah berhasil mendaftar, maka selanjutnya akan masuk ke cPanel seperti gambar dibawah. Dari cPanel inilah kita dapat menginstal Moodle. Caranya adalah dengan menggunakan fasilitas Pantastico yang ada dalam cPanel. Dengan fasilitas Fantastic ini kita tidak perlu meng-upload file Moodle yang ukurannya sangat besar dan tidak perlu membuat database sendiri. Secara otomatis tool tersebut akan membantu kita menginstal Moodle sehingga menjadi E-Learning yang siap digunakan.

Gambar 2. cPanel

3. Setelah selesai, maka website akan terinstal Moodle. Tampilan portal E-Learning kita adalah sebagai berikut.

Gambar 3. Portal E-Learning

Langkah pada Pengubahan Indentitas

Berperan sebagai seorang administrator atau Admin kita bisa melakukan apa saja terhadap portal E-LEarning yang sudah dibuat tersebut. Indentitas portal E-Learning dapat kita ubah sesuai dengan keperluan lembaga atau sesuai keinginan.
1. Login ke portal E-Learning asebagai Admin, isikan identitas pada frontpage

Gambar 4. Login sebagai Admin                                                  Gambar 5. Front Page

2. Mengatur tampilan halaman depan atau tampilan ketika sebelum Login, maupun tampilan ketika sesudah Login.

Gambar 6. Pengaturan Tampilan Halaman Depan

3. Tampilan sesudah pengaturan yang telah di set adalah sebagai berikut

Gambar 7. Tampilan Sesudah Mengatur Halaman Utama

Berdasarkan hasil data dari kegiatan  penginstallan Devlopment Moodle aplikasi Pembelajaran E-Learning menggunakan penerapan Learning Manajemen Sistem (LMS), maka dapat mengambil beberapa kesimpulan yaitu, Pengetahuan peserta pelatihan tentang bagaimana cara kerja Moodle aplikasi dan Proses secara keseluruhan mengalami peningkatan,meningkatnya semangat mahasiswa serta dosen didalam proses perkuliahan (kegiatan belajar dan mengajar) sehingga mendorong mahasiswa untuk bersemangat menyelesaikan studinya,menunjukan peningkatan yang signifikan untuk merubah gaya kuliah yang dahulunya konvensional menjadi multimedia dan digital.

Sumber Artikel Installasi E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Daring Menggunakan MLS Moodle Aplikasi : Google.com

Layanan Oemah Website => Klik Di Sini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.