Purwokerto
08112522117
mail@oemahwebsite.com

Startup di Era Millenial

Jasa Pembuatan Website

Startup di Era Millenial

Startup di Era Millenial

Pada era digital saat ini banyak peluang bagi banyak pihak paling utama warga Indonesia. Terkait dengan bertambahnya pengguna Internet di seluruh Indonesia yang mencapai 102 Juta pengguna dan berada di urutan ke- 6 dunia sebagai pengguna Internet yang pertumbuhannya tergolong sangat cepat. Berdasarkan survei yang dilakukan pada Asosiasi penyelenggara jasa Internet Indonesia pertumbuhan yang pesat tersebut dapat digolongkan jadi sebagian jenis diantaranya pengguna Internet sekitar 51% dari total penduduk Indonesia yang sebesar 256 juta jiwa dengan sebaran paling banyak di jawa dengan jumlah mencapai 86 juta atau sekitar 60% dari total pengguna Internet. Untuk pemilik bisnis online tentunya merupakan sasaran pasar yang menggiurkan, pada mayoritas pengguna Internet tidak hanya mereka aktif dalam media sosial mereka juga aktif dalam perdagangan online( e- commerce).

Gambar Startup di Era Millenial

StartUp menurut Sillion Valley adalah tindakan atau proses untuk memulai sebuah proses suatu organisasi baru atau usaha bisnis. Menurut Sillion Valley startup bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Anggota dalam startup menciptakan sebuah codebase atau aplikasi yang bermanfaat untuk konsumen yang dituju. Menurut Almasyah( 2010) aplikasi yang diciptakan ini bisa diakses lewat media internet yang diakses lewat website yang dijalankan pada Komputer Windows, Linux maupun Mac, serta dapat pula dijalankan di smartphone. Bisnis Startup adalah sebuah institusi yang diciptakan untuk membuat produk atau layanan baru yang inovatif dalam kondisi ketidakpastian yang besar. Startup bermula pada keinginan pendiri yang ingin membuat produk- produk inovatif yang sebelumnya belum ada. Ries( 2011) menjelaskan startup merupakan sebuah usaha yang baru didirikan dan masih tahap pengembangan serta penelitian untuk mencari potensi pasar. Di Indonesia sudah banyak bermunculan bisnis startup diantaranya Bukalapak, Gojek, JD. ID, OVO, Tokopedia, Traveloka serta dll.

Startup didirikan oleh seorang individu, ketika pendiri sudah menemukan sebuah ide untuk menciptakan sebuah bisnis baru, maka pendiri akan menemukan masalah selanjutnya yakni, sumber pembiayaan Sumber pembiayaan dinilai sebagai faktor yang utama yang dibutuhkan pendiri untuk pertumbuhan startup. Bisnis startup ini sebagai perusahaan usaha yang memperoleh dampak positif dengan adanya investasi yang dilakukan dengan modal ventura. Pertama perusahaan akan memperoleh dana yang dapat digunakan untuk modal perusahaan serta meningkatkan kinerja perusahaan untuk dapat bersaing dengan para pesaing dalam industri yang serupa. Kedua, struktur permodalan industri akan membaik sehingga menimbulkan kepercayaan dalam bidang keuangan bagi perusahaan. Ketiga, bisnis startup ini kan mendapatkan bimbingan dan pengawasan manajerial dari perusahaan modal ventura sehingga untuk bisnis startup yang masih baru dan minimnya pengalaman dapat diarahkan oleh para modal ventura. Jenis Startup yang universal di Indonesia adapun beberapa startup IT di Indonesia yang dikenal publik yaitu StartUp di bidang Games, StartUp di bidang Property, StartUp di bidang Sektor Komersial, StartUp di bidang Asuransi dan StartUp di bidang Sekuritas.

Perkembangan teknologi yang tiada henti memberikan dampak positif sekaligus negatif, positif ketika seseorang mampu melihat peluang yang digunakan untuk bisnis. Anak muda yang memiliki semangat dan pengetahuan didorong untuk mampu memberikan sebuah kontribusi yang nyata dalam persaingan startup bisnis. Setiap saat muncul startup digital baru dengan fitur yang hampir semua sama, maka kemampuan, inovasi dan kreativitas yang cenderung dimiliki oleh generasi muda mampu diaplikasikan.

Sumber :

  1. https://www.jojonomic.com/blog/start-up-company/
  2. https://www.kompasiana.com/rouffatkhurrozi7888/607b4e52d541df4fd179dc92/start-up-di-era-millennials
  3. https://ayobandung.com/read/2019/02/26/45765/startup-bisnis-generasi-milenial
  4. https://iprice.co.id/trend/insights/daftar-lengkap-pendiri-startup-indonesia/

Layanan Oemah Website => Klik Di Sini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.