Website sekarang ibarat investasi, semakin lama usia website di internet, kemungkinan untuk semakin sering diakses sangatlah tinggi. Namun umur bukan satu-satunya elemen yang membuat website akan sering muncul di halaman pencarian, kontenlah yang utama. Bahkan website yang baru berumur hitungan jam saja sudah dapat terindeks dan muncul di halaman awal pencarian google karena memiliki konten yang bagus. Konten website yang bagus juga harus memiliki kata kunci yang bagus pula. Tiga elemen penting dalam sebuah postingan yaitu judul, link dan meta, ketiganya haruslah mengandung kata kunci yang kuat agar postingan yang dibuat mudah terindeks google dan mesin pencari lainnya

Salah satu teknik terbaik yang dapat digunakan ketika mencoba untuk meningkatkan rating website dengan memanfaatkan search engine optimation adalah memanfaatkan short tail keywords (kata kunci singkat) dan long tail keywords (kata kunci panjang) untuk merek situs web Kita. Kata kunci singkat adalah menggunakan satu atau dua kata yang mudah diingat dan mengidentifikasi aspek bisnis atau situs web Kita. Kata kunci panjang adalah menggunakan tiga sampai lima frasa yang umum dicari terkait dengan bisnis atau situs web Kita.

1. Memilih Kata Kunci Kita dengan Cermat

Ketika Kita mengidentifikasi kata kunci untuk situs web, pastikan bahwa Kita memilih kedua kata kunci, baik short tail atau long tail keywords. Short tail keywords bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan ke dalam bisnis Kita, dan long tail keywords sangat membantu dalam mengarahkan audiens yang spesifik ke situs web Kita. Untuk berhasil masuk dalam peringkat Google, Kita membutuhkan keduanya.

Untuk memilih kata kunci mana yang berfungsi untuk situs web Kita, Anda perlu melakukan sedikit riset. Kita dapat menggunakan situs web seperti Google Adwords, SEMRush, dan Serpstat untuk menemukan kata kunci mana yang paling sering ditelusuri, situs web apa yang saat ini muncul ketika dicari, dan bagaimana membandingkan situs web Kita dalam daftar itu.

Ketika Kita memilih kata kunci, pilih kata dan frasa yang tidak hanya relevan dengan situs web dan layanan Kita, tetapi juga dapat mendorong pengunjung ke konten situs web Kita. Dengan hanya menyebutkan kata kunci satu atau dua kali di beranda Anda tidak akan cukup untuk memberi peringkat situs Kita. Kita perlu mengembangkan konten yang berisi kata kunci, tautan ke kata kunci, dan letakkan di situs Kita untuk meningkatkan SEO.

2. Menghasilkan Konten yang Relevan dengan Kata Kunci

Setelah berhasil mengidentifikasi short tail dan long tail keywords yang akan digunakan, bersiaplah untuk melakukan beberapa pekerjaan. Salah satu kesalahan terbesar adalah membiarkan situs web menjadi usang. Jika Kita tidak memproduksi konten secara teratur, Google tidak akan menampilkan situs Kita ke penelusur, karena kemungkinan besar tidak relevan dan membosankan. Membuat postingan baru dan menerbitkan konten baru secara teratur akan membantu memberi hal-hal segar untuk Google dan mendorong mereka mengirim pengunjung ke situs Kita.

Tapi tunggu dulu, jangan hanya memposting atau mempublikasikan APA SAJA untuk mendapatkan peringkat situs web Kita. Apa yang Kita posting di situs web haruslah konten yang relevan dan berkualitas. Jangan hanya menulis artikel tentang hal-hal yang merupakan berita lama dan JANGAN cukup salin / tempelkan riset atau informasi orang lain ke artikel Kita. Karena apa? karena Google adalah anjing pelacak konten yang dapat mengendus copycat hanya dengan satu sentuhan tombol.

Ketika Kita membuat konten yang relevan untuk situs web Kita, pastikan bahwa Kita menggabungkan identifikasi short tail dan long tail keywords yang tidak membingungkan bagi pembaca. Metode yang baik adalah dengan memilih dahulu kata kunci yang Anda ingin targetkan untuk sebuah postingan kemudian mengembangkan topiknya.

3. Mengembangkan Keywords secara Konsisten

Setelah mengidentifikasi kata kunci dan memasukkannya ke dalam konten, selanjutnya kembangkan topik secara konsisten untuk membantu memberi peringkat situs web Kita di Google.

Salah satu teknik yang populer digunakan adalah membuat beberapa postingan untuk setiap set kata kunci yang singkat maupun yang panjang dan menghubungkan postingan tersebut satu sama lain. Teknik ini biasanya berhasil karena tautan internal dalam konten membantu meningkatkan SEO Anda. Jika Kita dapat melakukan ini dengan banyak kata kunci berbeda yang bermanfaat bagi halaman Kita, Kita akan muncul di mesin pencari Google untuk beberapa pencarian berbeda.

Jika Kita tidak memiliki teknik atau strategi yang konsisten untuk menerapkan kata kunci dan frasa di situs web Kita, hasil mesin pencari Kita akan sporadis dan Kita tidak akan mencapai hasil yang Kita inginkan

Yang harus Kita ingat dalam memanfaatkan short tail dan long tail keywords adalah untuk selalu mengidentifikasi kata kunci Kita dengan cermat, menempatkannya secara strategis di konten Kita, dan mengembangkan teknik yang konsisten untuk keduanya. Dengan begitu kegunaan keywords ini akan semakin maksimal.

Ketiga poin di atas sebenarnya teknik dasar dalam pembuatan konten dari sebuah website, namun sering kali Kita abaikan karena biasanya Kita hanya mengejar kuantitas dan kecepatan dalam mengupdate sehingga menurunkan kualitas dan kedalaman isi konten website. Semoga bisa menjadi wawasan buat Kita semua.

error: Content is protected !!