Purwokerto
08112522117
mail@oemahwebsite.com

The Future of Work in India & Indonesia Challenge Ideation Solveathon

Jasa Pembuatan Website

The Future of Work in India & Indonesia Challenge Ideation Solveathon

The Future of Work in India & Indonesia Challenge Ideation Solveathon

Oemah Website sebagai software house asal Purwokerto di minggu keempat November 2021 ini mendapatkan undangan untuk mengikuti rangkaian acara dari program MIT Solve. MIT Solve merupakan marketplace untuk dampak sosial dan kewirausahaan sosial, menghubungkan startup dengan pendanaan dan sumber daya untuk memecahkan tantangan global dan merupakan inisiatif dari Massachusetts Institute of Technology. Setiap tahunnya mengadakan puluhan judul tantangan dengan ribuan peserta yang berasal dari ratusan negara di dunia. Oemah Website sendiri mulai tahun 2021 ini aktif mengikuti beberapa program tantangan (Challenge) yang salah satu judulnya adalah “The Future of Work in India & Indonesia Challenge Ideation Solveathon“.

Challenge ini berlatar belakang dari Tenaga kerja India dan Indonesia, seperti halnya negara-negara lain di dunia, semakin rentan terhadap perubahan besar yang didorong oleh Revolusi Industri Keempat — perubahan yang diperburuk oleh gangguan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Pada tahun 2030, otomatisasi diperkirakan akan menggantikan sekitar 23 juta pekerjaan di Indonesia, dan hampir 70 persen pekerjaan dalam pekerjaan formal dapat diotomatisasi di India selama periode yang sama termasuk 12 juta pekerjaan yang dipegang oleh perempuan. Namun, jika dimanfaatkan dengan sukses, otomatisasi, kecerdasan buatan, manufaktur maju, transformasi digital, dan inovasi berbasis teknologi lainnya diharapkan dapat menciptakan lebih banyak pekerjaan selama dekade berikutnya daripada yang dihilangkan. Inovasi-inovasi tersebut berpotensi menciptakan lapangan kerja bagi setidaknya 90 juta pekerja dan hingga 46 juta pekerja di India dan Indonesia.

Foto The Future of Work in India & Indonesia Challenge Ideation Solveathon

Caterpillar Foundation bermitra dengan MIT Solve on the Future of Work in India and Indonesia Challenge untuk mengidentifikasi dan mendukung solusi pengembangan tenaga kerja yang dapat mengarah pada peningkatan keterampilan dan keterampilan digital penduduk India dan Indonesia. The Challenge mencari solusi inovatif yang akan:

  • Melengkapi pekerja yang ada di India dan Indonesia dengan keterampilan literasi digital dan peluang pelatihan kejuruan yang sesuai dengan negara dan budaya yang relevan.
  • Hubungkan keterampilan tenaga kerja India dan Indonesia dengan tuntutan pengusaha.
  • Meningkatkan dan memanfaatkan partisipasi masyarakat yang kurang terlayani di India dan Indonesia — terutama perempuan, kelompok berpenghasilan rendah, dan terpencil — dalam penciptaan, pengembangan, dan penerapan teknologi, pekerjaan, dan industri baru.

Challenge ini berlangsung hingga tanggal 12 Desember 2021, di mana salah satu acara puncaknya adalah Event Zoom Solveathon yang berlangsung di tanggal 22 November 2021. Diikuti puluhan peserta dari berbagai negara seperti Amerika, India, Malaysia, Nigeria dan tentunya Oemah Website menjadi salah satu perwakilan dari Indonesia. Acara ini juga langsung difasilitasi oleh mentor dari MIT Solve seperti Noya Leve (Consultant, Strategic & Partner Programs MIT Solve), Gabriella Bianchi (Coordinator, Strategic & Partner Programs at MIT Solve) dan Sara Monteabaro (Director, Strategic & Partner Programs at MIT Solve). Masing-masing perwakilan menyampaikan ide mereka terkait Challenge yang berlangsung, dan melakukan berbagai kegiatan lainnya seperti pitching, diskusi serta games. Oemah Website juga terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi dan edukasi serta kolaborasi dengan berbagai pihak, dengan salah satu aksinya adalah mengikuti program MIT Solve yang diadakan Massachusetts Institute of Technology dengan berbagai judul Challenge lainnya di masa depan. Oemah Website sendiri mempunyai berbagai layanan teknologi informasi seperti jasa pembuatan website, web apps, sistem informasi maupun aplikasi android, lebih lengkapnya => Layanan Kami.

 

Referensi: The Future of Work in India & Indonesia Challenge Ideation Solveathon

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.