Purwokerto
08112522117
mail@oemahwebsite.com

Penggunaan API Pada Teknologi Berbasis Website

Jasa Pembuatan Website

Penggunaan API Pada Teknologi Berbasis Website

Penggunaan API Pada Teknologi Berbasis Website

Oemah Website, software house asal Purwokerto mengadakan acara webinar IT berjudul Penggunaan API Pada Teknologi Berbasis Website di hari Senin, 9 Oktober 2023. Acara Webinar ini digelar menggunakan fasilitas Google Meet yang diikuti puluhan peserta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Perwira Purbalingga, Universitas Cyber Asia, Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan Politeknik Harapan Bersama Tegal. Adapun Pembahasan webinar yang berlangsung selama beberapa jam yang diisi oleh Agus Darmawan, S.Kom, M.Cs dan dipandu oleh Alfin Hijria Dewantari, S.Pd sebagai MC dan Moderator ini adalah sebagai berikut.

Foto Menyiapkan Tenaga Kerja Untuk Memaksimalkan Manfaat Artificial Intelligence

API adalah singkatan dari Application Programming Interface. Ini adalah serangkaian aturan dan protokol yang memungkinkan berbagai aplikasi perangkat lunak untuk berkomunikasi satu sama lain. API memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan fungsionalitas dari satu aplikasi atau platform dengan aplikasi atau platform lainnya. Untuk memahami API secara lebih mendetail, berikut adalah penjelasan tentang pengertian, fungsi, dan cara kerjanya.

Foto-foto Acara

API adalah antarmuka yang digunakan oleh program komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Ini dapat dianggap sebagai “pintu masuk” yang memungkinkan program untuk mengakses fitur atau data dari program atau sistem lain. API memungkinkan aplikasi untuk berinteraksi dan berbagi data, bahkan jika mereka ditulis dalam bahasa atau teknologi yang berbeda.

API Payment Gateway adalah antarmuka pemrograman aplikasi yang memungkinkan sistem atau aplikasi untuk berkomunikasi dengan sistem pembayaran atau payment processor. Payment Gateway bertindak sebagai perantara antara penjual (merchant) dan penyedia layanan pembayaran, memungkinkan transaksi keuangan secara aman dan terotomatisasi.

API Shipping Order adalah antarmuka pemrograman aplikasi yang memungkinkan sistem atau aplikasi untuk berkomunikasi dengan sistem atau layanan pengiriman atau logistik. API ini memungkinkan bisnis atau platform e-commerce untuk mengintegrasikan proses pengiriman atau pengelolaan pesanan pengiriman ke dalam aplikasi atau situs web mereka.

API Email adalah antarmuka pemrograman aplikasi yang memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan layanan email ke dalam aplikasi atau situs web mereka. API ini memungkinkan pengiriman, penerimaan, dan pengelolaan email secara otomatis melalui program komputer.

Dalam acara webinar ini juga diakhiri dengan demo integrasi dan penerapan APi ke dalam website www.oemahbeling.id yang merupakan website toko online penjualan souvenir dan undangan. Oemah Website sendiri mempunyai berbagai layanan teknologi informasi seperti jasa pembuatan website, web apps, sistem informasi maupun aplikasi android, lebih lengkapnya => Layanan Kami. Oemah Website juga terus berkomitmen untuk mendukung berbagai program kolaborasi seperti magang untuk mahasiswa dan siap menjadi Software House yang bukan hanya berkontribusi dalam sisi perkembangan teknologi, namun juga dalam edukasi dan kolaborasi antara dunia pendidikan dengan industri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *